Menteri Hanif Soal TKA Cina Viral: Mereka Tenaga Profesional

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan, tenaga kerja asing atau TKA China yang viral di media sosial sedang mengukur tanah di Jatimulya, Bekasi merupakan karyawan dari PT. Sinohydro. Perusahaan ini adalah vendor PT Kereta Cepat Indonesia China yang menggarap proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menaker Hanif Dhakiri melakukan inspeksi mendadak ke PT Huaxing, di Jl Narahong KM 20, Cilengsi Kabupaten Bogor. Foto: Istimewa

“Sudah ada penjelasan dari PT. Sinohydro dan KCIC," kata Hanif Dhakiri di sela pembukaan Job Fair di Balai Besar Pendidikan Latihan Kerja, Bekasi, Rabu, 19 September 2019.

Menurut dia, TKA yang direkam oleh warga Jatimulya lalu viral, tak bermasalah. Mereka mengantongi izin sesuai yang diterbitkan oleh Kementerian Tenaga Kerja.

Soalnya, tiga dari empat orang adalah tenaga ahli di bidang geologis engineer, geodetic engineer, dan survey engineer. "Kalau dilihat dari jabatannya, mereka adalah tenaga kerja yang profesional," kata dia.

Ia mengatakan, para TKA tersebut sedang melakukan pekerjaannya yaitu mengukur tanah untuk menentukan kekuatan pondasi kontruksi jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung.

"Pekerjaan ini melibatkan tenaga ahli, jadi dari sisi keberadaannya tidak masalah, jabatannya juga tidak masalah," ujar Hanif.

Ia mengatakan, tak seharusnya TKA tersebut viral di media sosial, jika tenaga kerja pendamping dapat menjelaskan kepada masyarakat ihwal keberadaannya. Apalagi, kata dia, di lokasi tersebut sedang proses pembebasan lahan.

"Karena tak dapat menjelaskan, sehingga menimbulkan kecurigaan, dikesankan ilegal, tenaga kasar," kata Hanif.

Hanif juga membenarkan TKA asal China yang merupakan pegawai dari PT. Sinohydro itu sempat dibawa oleh Kantor Imigrasi Kelas II Karawang pada awal pekan ini.

Namun, karena dokumennya lengkap, TKA China yang jadi viral itu dilepaskan kembali. Keenamnya adalah Fu Zhibo, Wu Min, Shen Li, Tan Yunbo, Lan Zhibing, dan Tian Zhi Guo.

source : metro.tempo.co

Post a Comment for "Menteri Hanif Soal TKA Cina Viral: Mereka Tenaga Profesional"